Home » »

Written By Idris on Tuesday 8 December 2015 | 15:23





TEKNIK MEMPROSES YOGURT

  Apa itu yogurt ?

Yogurt adalah hasil  fermentasi dari susu bersih dengan menambahkan bakteria lactobacillius bulgaricus yang dapat menghasilkan bakteria asid laktik dan asid asitik sehingga menghasilkan   rasa  masam  hasil dari  proses fermentasi susu tersebut.
 Oleh sebab  itu, sekarang  ini yogurt telah  banyak dikembangkan dengan berbagai cita rasa , seperti manis, dicampur dengan buah-buahan  segar, bahkan disajikan dengan ice cream.
Apakah  faedah menggunakan  dari Yogurt itu sendiri?:
1. Untuk Mengatur Saluran pencernaan : Asid laktik yang terkandung pada Yogurt dapat berfungsi untuk memperlancar proses perkumuhan  ( kotoran ) sekaligus untuk membuang bakteri patogen yang berbahaya yang terdapat pada saluran pencernaan

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh .

 Perkembangbiakan bakteri lactobacillius yang aktif / hidup yang ada dalam Yogurt dapat meningkatkan sistem kekeblan tubuh

3. Dapat Membantu Mengurangi Kemungkinan Terkena Osteoporosis bahan dasar Yogurt adalah susu, dimana susu merupakan sumber kalsium yang tinggi berguna untuk perkembangan tulang, gigi dan mencegah kereputan tulang.

4.   Asid laktik yang terdapat Yogurt akan menurunkan kolestrol menjadi Copprotanol yaitu sebuah sterol yang tidak dapat diserap oleh usus dan akhirnya Oprostanol dan sisa kolestrol dikeluarkan bersama bahan buangan (tinja)

5. Melindungi Usus Besar .

Bakteria yang berperan dalam pembentukan Yogurt dapat mengubah zat-zat prekarsinogik ( zat yang menyebabkan penyakit kanser. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asid deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologi). yang ada dalam saluran pencernaan sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanser usus besar

 6. Dapat mengurangi pertumbuhan dan serangan  yeast pada vagina


7. Dapat Mengurangi Stres Yogurt dapat mengurangi gejala stres 


CARA MEMPROSES YOGURT

BAHAN-BAHAN:

                            1. AIR PANAS -  2 LITER




                      2. SUSU TEPUNG  - 1 KILOGRAM





                          3. SUSU SEGAR  - 6 KOTAK

                                                              



                         4. PLAIN YOGURT - 6 BOTOL




CARA-CARA MEMBUATNYA :

1. KACAU SUSU TEPUNG DENGAN AIR PANAS Di DALAM BEKAS HINGGA  RATA.

2. KEMUDIAN MASUKKAN PULA SUSU PEKAT DAN    PLAIN YOUGRT KE DALAM BEKAS.

3. KACAU SEHINGGA SEBATI DAN PERAMKAN SELAMA  6 JAM.



Selamat mencuba.....


Ingatan:
1. Hadis dari Abu Ubaidah bin Atoq bahawa Rasulullah SAW bersabda bermaksud "Kambing merupakan binatang yg penuh Baroqah  yg ditinggalkan orang soleh terdahulu".Oleh itu kita menghidupkan kembali Sunnah,disamping kita meminum atau menjual secara tidak langsung kita mendapat pahala(Insha Allah).







0 comments:

Post a Comment