Home » »

Written By Idris on Tuesday 1 September 2015 | 14:47









KEAJAIBAN SAYURAN YANG BEWARNA KUNING DAN UNSUR ZEAXANTHIN 



KEDUDUKAN ZEAXANTHIN DALAM MATA


ZEAXANTHI
 Mata adalah panca indera manusia yang sangat penting. Bayangkan jika kita mengalami kerusakan mata atau kebutaan, kita tidak dapat lagi menikmati keindahnya alam semesta ini dan menjalani hidup dengan sempurna. Syukurlah pada Tuhan jika kita diberi penglihatan. Banyakkan beribadat.


Akibat Kebutaan


Sebenarnya  kita selalu lupa untuk melakukan perawatan mata, sepatutnya samalah seperti merawat bagian tubuh yang lain.  Di antara gangguan pada mata adalah  disebabkan oleh udara yang tidak bersih , radiasi sinar matahari, radiasi akibat terlalu lama di depan komputer, dan gangguan-gangguan lainnya.

Dari kajian yang dibuat oleh Eye Disease Prevalence Research Group (2004) meramalkan  bahwa pada tahun 2020 jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di dunia akan mencapai 55 juta orang. Apakah anda termasuk dalam golongan tersebut. Minta dijauhkan Allah ...Kajiannya juga menyatakan  bahwa penyakit mata dan kebutaan akan meningkat terutama bagi mereka yang telah berumur di atas 65 tahun. Seseorang yang berumur 80 tahun ke atas yang merupakan 8% dari jumlah penduduk, mengalami kebutaan sebanyak 69%.

           Gangguan kesehatan pada mata yang umum terjadi adalah penurunan fungsi penglihatan, gejala mata merah tanpa ada penurunan fungsi penglihatan, dan mata merah dengan fungsi penglihatan turun. Sampai saat ini, penyakit mata yang banyak diderita adalah glukoma, katarak,  dan infeksi.
Glukoma
                                      
Katarak

Infeksi Mata Merah
        Seiring dengan meningkatnya perhatian dan pengetahuan pengaruh gizi (iaitu elemen yang terdapat dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.  ) terhadap kesehatan, khususnya kesehatan mata menyebabkan bertambahnya  produk-produk kesehatan, makanan obat, makanan kesehatan, obat kesehatan, suplemen makanan, suplemen kesehatan, obat herbal, obat alami mata. Sebagian besar produk-produk untuk kesehatan mata yang dipasarkan sekarang berbentuk suplemen, makanan obat, makanan kesehatan, obat kesehatan, suplemen makanan, suplemen kesehatan, obat herbal, obat alami. Selain zat kimia  antioksidan (vitamin A, C, dan E) yang sebelumnya telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata, lain seperti lutein, zeaxanthin, dan astaxanthin, baru-baru ini diketahui sebagai zat kimia yang dapat meningkatkan kesehatan mata.
Lutein suatu kelompok unsur karotenoid berwarna kuning yang banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau. Lutein terdapat di macula dan dipercaya dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif oleh sinar radiasi ultraviolet (UV).
Macula berada di tengah-tengah retina dan bersebelahan langsung dengan lensa mata. Macula merupakan daerah kecil yang mengandungi jutaan sel yang membantu menghasilkan penglihatan yang tajam untuk membaca atau melihat obyek dengan jelas.
Unsur karotenoid lain yang terdapat di dalam macula adalah adalah zeaxanthin, yang diketahui dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata.
Penelitian yang dilakukan oleh Chitchumroonchokchai dan teman sejawatnya  pada tahun 2004 dari Universiti Ohio State, membuktikan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat melindungi sel kanta mata(lensa) manusia dari pancaran sinar UV, yang merupakan penyebab utama terjadinya penyakit katarak. Selain itu, mereka membandingkan peranan antioksidan lutein dan zeaxanthin dengan vitamin E. Hasilnya menunjukkan bahwa peranan lutein dan zeaxanthin adalah  10 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan vitamin E dalam melindungi sel lensa dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.
Pada tahun yang sama juga melalui penelitian yang dibuat oleh Neuringer dan kawan-kawannya, menunjukkan kemampuan lutein dan zeaxanthin dalam meningkatkan kesehatan mata. Sedangkan pengujian pada hewan yang dibiayaai  oleh DSM Nutritional Products Swiss, menunjukkan bahwa suplement atau penambahan lutein dan zeaxanthin meningkatkan aktivitas antioksidan di dalam darah.
Kelompok senyawa karotenoid lainnya yang ternyata memiliki kemampuan untuk melindungi macula dari paparan sinar UV adalah astaxanthin. Guerin et al. (2003) menyebutkan bahwa kemampuan antioksidan dan anti-inflamasi(obat-obatan yang mengurangi tanda-tanda dan gejala peradangan). unsur astaxanthin dapat memberikan kesan  perlindungan mata dari sinar UV.
Sampai sekarang telah terbukti bahawa bahan antioksida yang terdiri dari lutein, zeaxanthin, dan astaxanthin boleh meningkatan kesehatan mata. Radikal bebas yang berasal dari sinar UV atau cemaran udara, masuk ke mata mengakibatkan terjadinya reaksi oksidasi pada lensa mata.
Lutein adalah Pigmentasi warna kuning dan hijau pada berbagai jenis makanan. Bersama dengan zeaxantin merupakan penyusun setengah karotenoid dalam retina mata, Menyerap sinar biru yang membahayakan tubuh, Melindungi mata dari kerosakan sel  dan katarak, Dapat berperan dalam melawan kanser usus. Lutein terdapat dalam Bayam, parslei, kuning telur, alpukat, brokoli, paprika, kol, selada air, jagung.
Zeaxantin Bersama dengan lutein merupakan jenis karotenoid (bahan antioksida) yang terdapat satu-satunya dalam makula mata, Menyerap sinar biru yang membahayakan tubuh , Melindungi mata dari kerosakan sel dan katarak.
PERLINDUNGAN MACULA
Macula berada di tengah-tengah retina dan bersebelahan langsung dengan lensa mata. Macula merupakan daerah kecil yang mengandung jutaan sel yang membantu menghasilkan penglihatan yang tajam untuk membaca atau melihat obyek dengan jelas. Pigmen macular dipercaya melindungi retina dari radiasi sinar yang masuk ke mata.
Macula menerima cahaya pada berbagai panjang gelombang, hal ini membuatnya tahan terhadap kerusakan oleh cahaya biru. Macula berperanan memperbaiki atau menggantikan sel yang rusak ataupun hilang secara cepat. macular berkaitan dengan bertambahnya usia (age-related macular degeneration/AMD).
AMD adalah kerusakan macula berupa menurunnya kerapatan pigmen yang berperanan  menapis cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya penderita AMD tidak dapat melihat dengan jelas, tidak dapat membaca, atau bahkan tidak dapat mengenali wajah teman sendiri. AMD terbagi menjadi dua kelompok, iaitu dry AMD dan wet AMD. Dry AMD, yang merupakan kes terbanyak AMD (90 persen), adalah kerusakan pada retina akibat pecahnya sel pada macula yang diakibatkan oleh suatu deposit yang disebut drusen. Tahap selanjutnya kerusakan mata adalah wet AMD yang mencakup pembentukan pembuluh darah abnormal pada macula yang berpotensi menyebabkan kebutaan total. AMD merupakan penyebab kebutaan yang irreversible pada masyarakat AS yang berumur 65 tahun ke atas.
FUNGSI ZEAXANTHIN
Zeaxanthin tidak terlepas dari lutein karena kedua karotenoid ini mempunyai fungsi saling berkaitan. Lutein dan Zeaxanthin merupakan karotenoid yang ada didalam mata kita. Zeaxantin Bersama dengan lutein merupakan jenis karotenoid satu-satunya dalam makula mata, Menyerap sinar biru yang membahayakan tubuh , Melindungi mata dari kerosakan sel  dan katarak.
Bersama-sama Lutein, Zeaxanthin berfungsi sebagai:
o    Penyusun setengah karotenoid dalam retina mata
o    Menyerap sinar biru yang membahayakan tubuh
o    Melindungi mata dari degenerasi dan katarak
o    Dapat berperanan dalam melawan kanser  usus.
SUPER LUTEIN ADALAH SUMBER  ZEAXANTHIN PADA MATA KITA
SUPER LUTEIN Mengandung 6 Jenis karotenoid: Bahan utama SUPER LUTEIN ialah karotenoid. Karotenoid adalah pigmen organik yang terjadi secara alami di chromoplasts tanaman dan beberapa organisme fotosintetik lain. Karotenoid telah dikenal secara luas dalam beberapa tahun terakhir sebagai komponen penting dalam pencegahan penyakit dan hidup sehat. Karotenoid di SUPER LUTEIN termasuk lutein, zeaxanthin, a(alpa)-carotene, b(beta)-Carotene, Lycopene dan Crocetin.

0 comments:

Post a Comment