Home » »

Written By Idris on Sunday 17 January 2016 | 02:52

RAHSIA KACANG TANAH ( BAHAGIAN 1 )



Kacang tanah (Arachis hypogaea L.) adalah tanaman  legum anggota suku Fabaceae , serta menjadi kacangan kedua terpenting  KACANG SOYA  . Tanaman  tersebut  berasal dari benua Amerika .Tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) dengan daun-daun kecil tersusun .   
Tanaman ini berasal dari negara  Brazil , namun saat ini telah tersebar  ke seluruh dunia yang beriklim tropika atau subtropika .  Masuknya tanaman  kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 adalah  dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Mexico  ke Maluku setelah tahun 1597.  Pada tahun 1863 Holle membawa  tanaman  Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864.  Scheffer membawa  pula tanaman  Kacang Tanah dari Mesir .Republik Rakyat Tiongkok dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.

KANDUNGAN KACANG TANAH :
Protein: Triptofan, Leusin, Lisin, Arginin dan Asid  Glutamat
Vitamin : B1, B3, B5, B6, B9, Vitamin C
Mineral: Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Posphorus, dan masih banyak lagi.
KHASIAT KACANG TANAH :

1. Mengurangi  resiko Kanser Usus

manfaat-kacang-tanahKacang tanah bisa mengurangi risiko kanser usus, terutama  bagi wanita. Memakan kacang tanah sebanyak  2 sendok makan setiap hari dapat menurunkan resiko kanser bagi  wanita sebanyak 58% dan bagi  lelaki  sebanyak  27%.
Bagi para wanita, ini adalah manfaat kacang tanah yang paling besar. 

2. Mengurangi Risiko Stroke


Kacang tanah mengandung antioksidan yang dikenal dengan resveratrol. Bahan  aktif ini deketahui dapat meningkatkan produksi senyawa nitrat oksida dalam tubuh, sehingga khasiat kacang tanah berguna untuk mengurangi resiko stroke.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan


Para wanita yang makan kacang tanah sekurang-sekurangnya  2 kali seminggu cenderung terhindar dari  obesiti (pengumpulan lemak)  dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunakan i kacang tanah. Bahkan kacang yang sudah dibuat  selai  (mengelembu) diketahui mengurangi peluang kenaikan berat badan.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah


Zat Mangan  dalam kacang memiliki fungsi untuk membantu penyerapan kalsium, lemak dan karbohidrat serta mengatur kadar gula dalam darah.

5. Mengurangi Kerut Pada Wajah

Kacang tanah mengandung asid  lemak yang cukup banyak, yang berfungsi untuk sel saraf di dalam otak.  Sel saraf otak yang sehat akan membuat anda boleh  mengawal  stress  , sehingga mengurangi kemungkinan munculnya kerutan pada kulit.

6. Melawan kesan  Penuaan 

 Zat fitokimia yang sama juga ditemukan pada anggur dan wine. Mengikut pemerhatian menunjukkan  bahwa  tersebut  boleh  meningkatkan penyerapan gula dari dalam darah dan  melambatkan proses  penuaan .

7. Menjadikan Kulit Lebih halus dan cantik 

Kerusakan kulit adalah akibat dari terjadinya pengoksidan  pada kulit. Ini adalah suatu proses kimia, dimana molekul yang disebut radikal bebas “mencuri” elektron dari sel kulit yang sehat. Vitamin E pada kacang tanah dapat melindungi sel kulit kita dari  kesan pengoksidanan . Vitamin E juga melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang menyebabkan terbakarnya kulit. Hasilnya adalah kulit  menjadi halus dan cantik . 

8. Menghilangkan Bekas Luka

Beta karotena sejenis bahan   anti oksidan yang ditemui pada kacang tanah merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Beta karotena dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu dalam pertumbuhan sel kulit baru dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Hal ini menyebabkan khasiat kacang tanah dapat membantu menyembuhkan luka dan menghilangkan bekas luka dengan lebih cepat.

9. Sebagai Anti kelemumur

Cobalah campurkan satu sendok makan minyak kacang dengan beberapa titis jeruk nipis dan teh dalam satu mangkuk. Lumurkan  ke kulit kepala anda. Biarkan selama beberapa waktu, dan bilas dengan air. Ini adalah salah satu khasiat kacang tanah, sebagai antiseptik natural untuk menghilangkan kelemumur.

10. Sebagai Aromaterapi


Cobalah tumbuk kacang tanah dan panaskan dalam kuali tanpa minyak hingga mengeluarkan minyak. Minyak kacang ini memiliki aroma yang ringan dan khas. Sangat cocok untuk dipakai sebagai minyak aromaterapi, yang bisa merilekskan badan jika dipakai untuk mengurut.

11. Meningkatkan Daya Ingat

Apakah Zat yang ada di dalam kacang, dan disebut sebagai makanan untuk  otak? Itu adalah Niasin @ Vitamin B3. Zat ini diketahui bisa meningkatkan kerja otak dan menambah daya ingat. 

12. Mengurangi Rambut Gugur

Vitamin C dalam kacang tanah membantu produksi kolagen, yang menjaga jaringan sel dalam rambut agar tidak mudah patah dan gugur. Kacang tanah juga mengandung l-arginine yang digunakan dalam perawatan kebotakan pada pria. Asam omega 3 juga dapat menguatkan folikel rambut dan akar rambut serta memicu pertumbuhan rambut.




Di antara  bahan makanan yang populer  di Malaysia  yang berasdaskan kacang soya ialah 

a.  Kacang goreng 


b. Kacang mengelembu. 




c. Mentega 





d. Bepang kacang 




c Cokelat, 





d. Biskut  


BERSAMBUNG KE BAHAGIAN 2... CARA PROSES HASIL KACANG TANAH......................

RUJUKAN :

1. MARDI 
2. PENGALAMAN PENULIS


0 comments:

Post a Comment